Minggu, 13 Mei 2012

Resep Steak Kampungan

Namanya kampungan, tapi jangan salah! Rasanya sungguh gurih dan Elegan…!!!
Steak ini berbeda dengan jenis2 stak pada umumnya. Bahan bumbunya mudah didapat. Awalnya sih pengen bikin steak dengan gaia2 barat gitu tapi berhubung di wonogiri tidak ada yang jual bumbu2 khusus yang Cuma bisa didapat di supermarket-supermarket maka saya buat dengan bahan yg simple. Berikut ini adalah resepnya, CEKIBROOTTT..!!!

Tak tampak cantik dia, maklum tak ada bahan buat penghiasnya, dagingnya luaran, kecil2 emang. makanya saya saranin pakai yg khas dalam. ukurannya biasanya agak gede n masaknya cepat n cenderung tidak alot.


BAHAN:

1.      Daging sapi. Kalau bisa yang bagian khas dalam biar gag susah, kalau bagian yang luaran emang harus dipukulin dagingnya biar empuk. Kurang lebih 300gram aja cukup lah. Dagingnya dipotong dg ketebalan yg sama dg diameter jari tangan kamu. tips motongnya supaya gag alot: jangan memotong daging searah dengan arah otot/ urat-uratnya, kalau bisa potong tegak lurus dengan arah otot/uratnya.
2.      Minyak goreng boleh, margarine boleh, paling sehat minyak zaitun.


BUMBU:

1.      Bawang putih 5 siung.
2.      Bawang merah 5 siung.
3.      Lada hitam sekitar 1sdt.
4.      Ketumbar 1/3 sdt.
5.      Garem, suka-suka kamulah mau seberapa asin
6.      Bumbu rendang bubuk 1 sdt.
7.      Kecap manis 1 sdt.


CARA BIKIN:

1.      Tumbuk semua bawang merah n putih. Masukan juga lada, ketumbar, garam, bumbu rendang bubuk tumbuk lagi smp halus.
2.      Aduk bumbu dengan kecap manis kemudian lumuri si daging sampek rata memakai bumbu tadi. Diamkan sekitar 10 menit sembari manasin wajan Teflon yg sudah diberi minyak atau margarin.
3.      Setelah wajan panas masukkan daging itu tadi ke Teflon. Masak sampai tingkat kematangan yg kamu inginkan, mau rare, well done ato medium suka-suka kamu lah. Catatan: buat kamu yang cukup lebay mending pake sarung tangan karena saat memasak biasanya muncul letupan2 kecil, atau bahkan apinya masuk ke wajan.
4.      Setelah matang, walla, jadilah sexy food..!!!

1 komentar:

tono mengatakan...

boleh juga ni coba
Kenapa Ga pake saos tomat