Sabtu, 22 Oktober 2011

Serba Serbi Penyet!!!

Well, pasti yang tinggal di daerah jawa sudah banyak yang kenal kan dengan yang namanya penyet. Ya.. tempe penyet, ayam penyet, telor penyet dan penyet-penyet lainnya. Dulu.., waktu saya SD saya pertama kali mengetahui makanan penyet ini di daerah madiun yaitu tempe penyet. Saya kira dulu ayam penyet itu cuma seperti ayam yang dimasak kecap lalu di penyet, tapi waktu itu masih blur karena cuma sekedar lihat spanduk warungnya aja karena sialnya saya tak mampir. Ternyata salah dugaan saya, memang benar dipenyet tapi bukan dibumbu kecap. So, si ayam tadi digoreng seperti biasa tapi di campur dengan sambal korek sambil di penyet-penyet (dibikin gepeng) pake ulekan sambel.
Kebetulan pada suatu malam saya mampir makan ke warung penyet yang namanya “BH”.... Weits... tunggu dulu, ini bukan BH=Mangkok kembar, tapi Bumbu Hot... heheh... katanya sih 24 jam tapi ni café jam 12 malam udah tutup kayaknya. Capek kali ya...

penyet hati ayam goreng BH


Klo dari menunya sih lumayan banyak macam penyetnya sih. Ada ayam penyet, tahu penyet, ikan penyet, belut penyet, tempe penyet, dsb. Tapi yang menarik perhatian saya adalah belut penyetnya. Jarang-jarang ada penyetan yang sedia belut penyet. Ya emang sih harga di tempat ini sedikit lebih mahal dari warung penyetan biasa karena pertama dia ada di ruko, kedua memiliki suasana yang lebih nyaman karena banyak pernak pernik ala café, Meskipun lesehan. Lumayanlah buat kencan sama cewek. Soal harga sih ya.. masih kantong mahasiswa lah... Hohoh...

belut penyet yang saia pesan


Dari hasil mencicipi belut penyetnya sih lumayan. Si belut ini pakai yg ukuran sedang, jeroannya dibersihin jadi gag terasa pahit. Cuma emang sambelnya naudzubillah pedesnya... namanya juga penyet... :P kalau nasinya standar lah. Kalau dari sisi pelayanan, emang agak lama sih si penyetnya datang meski pas saya datang sepi, mungkin karena dadakan (tapi justru ini yang bagus, kan sambelnya seger). Soalnya saya emang minta yang sambelnya mentah (ada 2 pilihan, sambel mateng n mentah) klo yang mateng gag sepedas yang mentah.
Buat kamu-kamu yang pengen bikin penyet, berikut ini saya kasih resep ayam penyet yang versi sambel mentah. Dijamin pedes..!!! Sengaja saya berikan resep untuk satu pori agar mudah menerka bumbu dalam porsi yang banyak, tinggal dikalikan saja jumlah bahannya. Dan ini adalah resep dasar yang sangat simple, sehingga bisa ditambah bumbu2 lain bila suka.

penampakan penyet beserta nasi


Bahan: (untuk satu porsi)
1.      Ayam yang dipotong biasa. Jangan terlalu besar ato kecil. 1 ato 2 potong cukup.
2.      Cabe rawit tentunya, lebih bagus kalau yang sudah berwarna merah. Kira2 10 biji aja cukup, kalau maniak pedes silakan tambah lagi.
3.      Bawang putih 2 suing.
4.      Garam.
5.      Lada.
6.      Daun singkong.

Cara membuat:
1.      Ayam: tumbuk 1 bawang putih dengan sedikit garam dan lada lalu lumurkan kea yam. Setelah merata goreng dalam minyak yang cukup banyak hingga kuning kecoklatan. Penggunaan minyak yang banyak agar si ayam matang lebih merata. Sedangkan penggunaan api harus besar, pastikan minyak sudah panas sebelum memasukkan ayam agar hasilnya ayam tidak klomoh (terlalu berminyak).
2.      Lalapan: rebus daun singkong sampai layu. Ingat!! Kalau masih amatir Jangan pakai singkong karet karena harus direndam semalam pakai air kapur agar tak beracun.
3.      Sambel: tumbuk cabe dan 1 siung bawang putih dengan sedikit garam di dalam lemper (tempat mengulek sambal). Berikan beberapa tetes minyak goreng agar hasilnya lebih merangsang.
4.      Penyet!! Masukkan ayam ke lemper lalu penyet2 (tekan-tekan) ayam memakai munthu (penumbuk cabe) sambil meratakan sambel kea yam. Taruh ayam ke piring beserta seluruh sambal. Sajikan beserta lalapan daon singkong. Dan walla, jadilah sexy food!!!

Tidak ada komentar: